Resmi Jadi Parpol, Menkum HAM Serahkan SK Partai Gelora Secara Virtual

oleh -

 

KABARTA.ID, WATAMPONE- Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia resmi mendapat surat keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM sebagai badan hukum partai politik.

Partai besutan tokoh kelahiran Kabupaten Bone Anis Matta itu pun sah menjadi partai politik di Indonesia.

Penyerahan SK itu digelar secara virtual dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly kepada Ketua Umum Partai Gelora Indonesia M Anis Matta, Selasa (2/6/2020).

SK bernomor M.HH-11.AH.11.01 tahun 2020 itu didapat Partai Gelora setelah satu setengah bulan menjalani proses verifikasi administratif dan faktual sebagai parpol.

Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, M. Anis Matta menyambut baik terbitnya SK Menkumham tersebut.

Demikian pula di sejumlah daerah. Salah satunya Ketua Partai Gelora Kabupaten Bone Jusman menyambut dengan suka cita atas resminya Partai Gelora menjadi partai politik di Indonesia.

Baca Juga:  Alumni FE UMI 88 Bagikan Donasi di Luwu Utara

“Alhamdulillah hari ini penyerahan SK Kementerian Hukum dan HAM Kepada Partai Gelora Indonesia secara virtual, Partai Gelora resmi menjadi Parpol,” kata Jusman kepada kabarta.id, Selasa (2/6/2020).

Kata dia, untuk penyerahan secara berkasnya nantinya diambil oleh Sekretaris Jenderal Partai Gelora, Mahfuz Siddiq.

“Untuk berkas fisiknya nanti akan diambil langsung oleh bapak Sekjen Mahfuz Siddik,” jelasnya.

Sebelumnya Partai Gelora Indonesia secara resmi mendaftarkan diri ke Kementerian Hukum dan HAM sebagai partai politik pada 31 Maret 2020.

Selain kepengurusan pusat, turut didaftarkan kepengurusan di 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) di tingkat provinsi, 484 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di tingkat kota/kabupaten dan 4.394 dewan pimpinan cabang (DPC) di tingkat kecamatan.

Baca Juga:  Sambut Kunjungan Mentan RI di Bone, Ini Harapan Danyon C Pelopor

Proses verifikasi administratif Partai Gelora telah selesai pada 21 April lalu. Kemudian verifikasi faktual selesai pada 11 Mei.

Diketahui, Partai Gelora digawangi dan diinisiasi oleh banyak eks kader PKS.

Partai tersebut dipimpin mantan Presisen PKS Anis Mata. Beberapa mantan pentolan PKS juga menduduki jabatan pimpinan, seperti Fahri Hamzah dan Mahfudz Siddiq.

Demikian pula di sejumlah daerah, pentolan PKS banyak menyebrang ke partai Gelora. Termasuk di Kabupaten Bone.(AJ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.