Antisipasi Terjadinya Bencana, Tim SAR Batalyon C Pelopor Siagakan Pasukan

oleh -

 

KABARTA.ID, WATAMPONE- Keadaan cuaca yang ekstrim saat ini menuntut senantiasa waspada dengan ancaman banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan bencana alam lainnya.

Pasalnya bencana tak ada yang bisa prediksi kapan terjadi.

Demi mengantisipasi kejadian-kejadian tersebut, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel selalu menyiagakan Tim SAR yang senantiasa siap sedia untuk melakanakan pertolongan dan evakuasi terhadap warga yang tertimpa musibah.

Selain bersiaga 24 jam penuh mengantisipasi bencana, Tim SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga mengisi waktu siaga dengan melakukan perawatan terhadap peralatan-peralatan SAR, Kamis (18/06/2020).

“Perawatan terhadap alat-alat yang sering digunakan dalam kegiatan pertolongan dan penyelematan ini bertujuan agar peralatan ini selalu dalam kondisi siap pakai sewaktu-waktu ketika ada permintaan,” kata Dantim SAR Yon C Pelopor Ipda Maliwasa, Kamis (18/6/2020).

Baca Juga:  Lomba Mars PKK Momentum Hari Ibu ke-92 di Bone, Ini Daftar Nominasi Terfavorit

Perawatan terhadap peralatan SAR kata dia, dilakukan untuk mengecek kondisi peralatan tentunya untuk memperpanjang usia pakai .

Adapun perlengkapan SAR yang dilakukan perawatan seperti mesin pemotong katu ( Chain Saw), pelampung (Life Jaket), tali Carmantel, montenering set, dan Scuba set.

“Seluruh peralatan ini sangat penting untuk mendukung tugas dari Tim SAR baik itu operasi di darat maupun operasi di air,” tambahnya.

Sementara itu Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos menyebutkan sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, Tim SAR Brimob Batalyon C Pelopor selalu siap memberikan pertolongan terhadap masyarakat baik itu berupa evakuasi warga yang terkena dampak banjir, pohon tumbang.

Baca Juga:  Antisipasi Covid-19, Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Toraja Utara Kompak Mengedukasi Warga

“Karena kondisi cuaca saat ini cukup ekstrim dan sulit diprediksi, maka saya telah memerintahkan kepada tim SAR Batalyon C Pelopor untuk selalu siaga dan memantau potensi-potensi bencana yang dapat terjadi di wilayah Back Up Batalyon C Pelopor,” jelas Kompol Ichsan.

Di tempat terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, menambahkan sebagai langkah nyata dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, Satbrimob Polda Sulsel selalu memberikan respon cepat terhadap kejadian bencana yang terjadi di wilayah Sulawesi Selatan.

“Seperti halnya kejadian di Kabupaten Jeneponto dan Bantaeng, kami telah menerjunkan Regu SAR beserta 2 unit mobil dapur lapangan untuk membantu warga disana. Selain itu kami juga memantau wilayah-wilayah lain yang memiliki kerawanan bencana,” kata Kombes Pol. Muhammad Anis.(AJ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.