Mega Proyek Jembatan Watu Rp 10,4 M Diresmikan Gubernur Sulsel

oleh -

KABARTA.ID, CENRANA-— Gubernur Sulawesi Selatan(Sulsel) Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr. bersama Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M Padjalangi, M.Si meresmikan mega proyek Jembatan Sungai Watu. Sabtu (9/1/2021).

Jembatan Sungai Watu letaknya melintasi Sungai di Desa Watu, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone.

Proyek Jembatan Sungai Watu menelan anggaran Rp 10,4 Miliar dari bantuan Keuangan Provinsi Sulawesi Selatan.

Jembatan yang dibangun sejak Juli 2020 ini memiliki panjang jembatan 80 meter dan lebar 5 meter.

Peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan papan prasasti.

Dalam sambutannya, Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M Padjalangi menceritakan awal kronologi pembangunan Jembatan Sungai Watu.

Baca Juga:  Jelang Hari Antikorupsi Sedunia, Pemda Lutra Gelar Sosialisasi Sinergi APH dan APIP

“Awalnya masyarakat menggunakan pincara melintasi Sungai Watu. Pada awal tahun 1995 hingga 1996 tuntas dibangun pada masa Zainal Basri Pallaguna dan Bupati Muhammad Amir,” kata Bapak Bupati Bone.

Dari 1995 – 1996, lanjut Bupati, setiap saat pemerintah dibully lantaran jembatan ini permanen besi alasnya kayu. Kayu rusak setiap tiga bulan.

Kendati demikian, kata Bupati Bone, mimpi masyarakat Cenrana mempunyai Jembatan Permanen akhirnya terwujud pada masa Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah – Andi Sudirman, S.T.

“Alhamdulillah berkat program bapak Gubernur memperhatikan kabupaten/ kota dengan program daerah bawahan. Ini bisa terwujud,” kata Bapak Bupati.

“Jembatan ini menghubungkan 11 desa di sebelah utara dan 4 desa di sebelah selatan. Makanya sangat vital bagi masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga:  Muscab Gerakan Pramuka Luwu Utara Diharap Melahirkan Program Kerja yang Adaptif dan Inovatif

Bapak Bupati Bone mengungkapkan pada tahun 2020, Gubernur Sulsel membantu Bone khusus sarana jalan dan jembatan ada 84 Miliar,. Ada dua jembatan Jembatan Sungai Watu dan Sungai Solo.

“Kami mewakili masyarakat Cenrana pada khususnya dan Bone pada umumnya kami menyampaikan ucapan terima kasih,” katanya.

Sementara itu Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah menuturkan Pemprov Sulsel selalu hadir untuk mendorong pembangunan kabupaten/kota.

“Pemerintah provinsi selalu hadir membantu kabupaten kota. Tetapi tetap pada inovasi pemerintah daerah bupati wakil bupati dan perangkatnya,” kata Gubernur Sulsel.

“Tidak mungkin hadir Jembatan ini kalau tidak ada inovasi bupati. Kami hanya support, ini adalah perubahan tadinya Pincara kemudian jembatan,” kata Gubernur Sulsel.

Baca Juga:  Soal Dana Tunggu Hunian (DTH), BPBD Luwu Utara : Semua Sudah Tersalurkan

Diketahui, Jembatan Watu ini penghubung 16 desa di Kecamatan Cenrana. Dan akses utama ke Watampone ibukota Kabupaten Bone serta daerah lainnya.

Bahkan warga dari Kabupaten Wajo sering melalui jembatan ini untuk ke Watampone atau ke Makassar.

Hadir pula Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M, Kepala Dinas PU Sulsel Prof Rudy Jamaluddin, Forkopimda Bone, Sekda Bone Drs.H.A Islamuddin, Kepala OPD Bone, serta Forkopimcam Cenrana dan Kades se – Cenrana.(AN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.