Lestarikan Budaya Khas Daerah, Bupati Indah Putri Indriani Resmikan Gallery Tenun Rongkong

oleh -

KABARTA.ID Luwu Utara – Kabar Gembira menyelimuti tanah masakke julukan dari kecamatan rongkong kabupaten luwu utara, dimana pada awal tahun 2021 ini Bupati Indah Putri Indriani meresmikan gallery pertama untuk melestarikan budaya khas daerah rongkong tepatnya selasa kemarin di Dusun Salurante Kecamatan Rongkong. (12/1/2021)

Selain karya seni berupa tenun Rongkong, dalam gallery ini juga dipamerkan beberapa benda seni lainnya yang merupakan karya dan budaya khas Rongkong.

Gallery ini diharapkan bisa menjadi magnet dan menarik orang luar untuk mengenal lebih jauh sejarah dan karya seni khas Rongkong. Gallery ini dibangun di masa pandemi Covid-19. Meski begitu, pembangunannya bersumber dari DID yang didapatkan Pemda Lutra sebagai pengelola terbaik dana Covid-19 tahun 2020.

Baca Juga:  Viral, Rumah Bawah Tanah di Bone, Ini Sosok Arsiteknya

“Kita memilih membangun Galeri Tenun Rongkong sebagai tempat pembelajaran. Bukan hanya untuk orang dari luar saja, tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah melahirkan regenerasi, sehingga nantinya ini tidak berhenti di orang-orang tua kita saja yang mampu menenun, tetapi kita semua bisa juga melakukannya,” kata Indah saat meresmikan gallery ini.

Foto Bupati Luwu Utara Indah Putri indriani di dampingi Ketua DPRD kabupaten Luwu Utara Drs. Basir, kepala dinas PMD, Misbah dan Kadis Pariwisata, Yasir taba Saat Meresmikan Gallery Tenun Rongkong Selasa, 12/1/2021

Apa yang dihadirkan hari ini, kata Indah, tidak akan berhenti sampai kepada pengguntingan pita dan pemotongan nasi tumpeng sebagai simbol diresmikannya gallery tersebut. Menurutnya, masih ada upaya lain yang akan dilakukan Pemda Luwu Utara untuk mengembangkan dan melestarikan budaya khas Rongkong. “Ini wajib kita kembangkan dan lestarikan. Haram hukumnya ini musnah,” tegas Indah.

Baca Juga:  Inspektur Kabupaten Luwu Utara Apresiasi TTE, Ini Alasannya

Untuk itu, dia berharap pengembangan tenun Rongkong ke depan, selain bernilai budaya, juga harus bernilai ekonomi, sehingga ke depan bisa mendatangkan keuntungan yang tentunya akan melahirkan kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri, khususnya Rongkong. “Banyak yang kita lakukan untuk memperkenalkan tenun ini. Salah satunya adalah mengundang orang datang ke sini untuk mengenal lebih dekat sejarah dan budaya Rongkong,” jelasnya.

Pada peresmia Gallery Tenun Rongkong ini, juga dilakukan penyerahan alat musik tradisional kepada Kelompok Sadar Wisata Rante Kasimpo. Selain Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, turut hadir dalam kegiatan peresmian ini, Ketua DPRD Luwu Utara Basir, Kepala Dinas PMD Misbah, dan Kepala Dinas Pariwisata Yasir Taba, serta masyarakat setempat. (*/As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.