Validasi Bantuan Sosial Tunai, DPRD Bone Pertemukan Disdukcapil dan Dinsos Bone 

oleh -

 

KABARTA.ID, WATAMPONE- Masih ada sebanyak 3.071 warga Bumi Arung Palakka yang belum tervalidasi datanya sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST). Kementerian Sosial memberikan deadline sampai pukul 00.00 Wita Rabu (13/1/2021).

Mendengar hal tersebut DPRD Kabupaten Bone mempertemukan dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni, Dinas Sosial dengan Disdukcapil Bone. Untuk membahas apa yang menjadi kendala belum tervalidasinya data tersebut.

Hadir Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan, Wakil Ketua Komisi IV Andi Muh Salam, Sekretaris Komisi IV Andi Akhiruddin, serta anggota Komisi IV DPRD Bone Asrullah, dan Andi Purnama Sari. Kemudian Kadisdukcapil Andi Darmawan dan Kadis Sosial Andi Promal Pawi.

Baca Juga:  Limbah Kelapa Sawit Bisa Jadi Solusi Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sawit

Hal ini mereka selesaikan. Sebab, sangat rawan jika data tidak tervalidasi. Akan berdampak pada penerima BST. Bisa jadi hangus begitu saja. Sedangkan waktunya mepet sekali.

Ketua DPRD Bone, Irwandi Burhan mengatakan, DPRD menjadi fasilitator sekaitan kebutuhan yang bisa merugikan masyarakat. Makanya diinisiasi mempertemukan Dinsos dan Disdukcapil.

“Ini sekaitan penerima BST yang belum rampung, padahal targetnya sampai pukul 12.00 sebentar malam. Dua dinas ini dipertemukan agar berjalan tanpa kendala, karena baru 500 yang sudah diinput. Artinya baru 25 persen,” katanya.

Kata legislator Partai Golkar itu, Disdukcapil baru menerima data sebanyak 1.242 untuk verifikasi dari total 3071 yang belum tervalidasi. “Makanya dipanggil untuk selesaikan. Ini menyangkut hak masyarakat. Jangan sampai BSTnya hangus begitu saja,” sebutnya.

Baca Juga:  100.000 Bibit Kakao Disalurkan ke Petani Bone, Segini Jatah Ulaweng

Sekretaris Komisi IV, Andi Akhiruddin menambahkan, total penerima BST di Bone sekitar 14.711, yang bermasalah ada 3071. Makanya ke depan ini Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) harus dikonsolidasikan dengan Disdukcapil.

“Karena semua jenis bantuan yang mau masuk di daerah sumbernya DTKS. Andainya komunikasinya ini baik, nda ketemu kita hari ini,” ujarnya.

Hingga deadline waktu diberikan pemerintah pusat, Disdukcapil dan Dinsos Bone berhasil melakukan validasi data warga Bone penerima BST.

 

“Kita apreasiasi kinerja Disdukcapil dan Dinsos Bone berhasil memvalidasi semua daftar penerima BST lebih cepat dari waktu ditentukan, seharusnya  pukul 00 terakhir validasi, ternyata mampu selesaikan pukul 20.00 ,” kata anggota DPRD Bone A Muh Salam, Rabu (14/1/2020).(AJ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.