Operasi Kemanusian di NTT, TBM Kedokteran Unhas Tembus ke Pelosok

oleh -

KABARTA.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin melalui Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus Fakultas Kedokteran terlibat dalam aksi kemanusian untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda warga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tim telah berada di lokasi sejak Rabu, 7 April kemarin. TBM Calcaneus yang bergerak di bidang kegawatdaruratan medis kembali bergerak cepat menurunkan bantuan tim medis untuk membantu proses evakuasi dan memberikan bantuan pelayanan kesehatan pada setiap posko pengungsian

Ketua TBM Calcaneus FK Unhas, Sahrul Fajar Perdana menjelaskan, sejak musibah terjadi, Tim medis TBM bahkan sampai medan bencana hingga harus mendaki dan menyusuri ke rumah warga. Banyak lokasi yang menjadi titik dan dampak bencana NTB dan NTT, mulai dari Ende, Sikka, Flores timur, Pulau Adonara hingga Sumba Timur dan Pulau Sabu Raijua.

Baca Juga:  Menristek Kunjungi Unhas, Begini Arahannya ke Prof Dwia

“Para korban bencana masih membutuhkan banyak bantuan terutama obat-obatan, alat dan pelayanan kesehatan. Masih banyak daerah yang warganya masih bertahan di lokasi bencana,” katanya Sabtu (10/4/2021).

TBM Unhas juga membuka donasi terbuka kepada masyarakat. Sahrul menuturkan saat ini bantuan operasional seperti obat-obatan yang dimiliki sudah semakin menipis. Donasi yang diterima belum mencukupi pemenuhan pelayanan kesehatan secara optimal.

Olehnya itu, Sahrul mengajak masyarakat yang ingin membantu dapat mengirimkan donasi melalui nomor rekening Bank Mandiri 152-00-8882999-5 atas nama TBM Calcaneus FK Unhas.

“Di lokasi bencana kami ada 1 tim yang terdiri dari 5 orang. Karena keterbatasan biaya operasional, bantuan lanjutan belum dapat kami lakukan. Kami sangat berharap masyarakat dapat terlibat aktif untuk mendukung kami dalam bentuk apapun, terutama obat obatan,” ungkap Sahrul. (mmi/jus)

Baca Juga:  Catatan Penting untuk Pengawas SBMPTN Unhas 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *