Ekobis

Aplikasi OM SPAN Siap, Dana Desa Bisa Segera Salur

30
×

Aplikasi OM SPAN Siap, Dana Desa Bisa Segera Salur

Sebarkan artikel ini

KABARTA.ID, WATAMPONE—Dengan telah dirilisnya aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN) sebagai media penyaluran Dana Desa (DD), maka Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, Soppeng dan Wajo (BOSOWA) dapat segera mengajukan penyaluran DD Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan  DD Tahap I Non BLT.

Penyaluran DD Tahun 2022 sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa, diatur alokasi peyaluran DD untuk Non BLT Desa maksimal sebesar 60% dari total pagu. Sementara alokasi penyaluran DD untuk BLT Desa minimal sebesar 40% dari total pagu. 

BLT Desa dilaksanakan selama 12 bulan dari bulan Januari sampai dengan Desember 2022. BLT Desa disalurkan setiap triwulan sesuai dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berdasarkan keputusan kepala desa mengenai penetapan KPM BLT Desa. 

Baca Juga:  Tahun 2021, Dana Desa di Bone Terealisasi 99,67%

Sebelum melakukan permintaan penyaluran pertama kali, Pemda harus melakukan perekaman jumlah KPM terlebih dahulu, dan mengupload Keputusan Kepala Desa tentang Penetapan KPM pada aplikasi OM SPAN.

Sementara untuk DD Non BLT Desa diatur 3 tahap untuk Desa Reguler dan 2 tahap untuk Desa Mandiri. Pengajuan DD untuk BLT Desa diajukan terpisah dengan DD Non BLT Desa.

Penyaluran DD tahap I tahun 2022 oleh KPPN Watampone dilakukan setelah menerima dokumen persyaratan penyaluran dari bupati secara lengkap dan benar berupa: peraturan Desa mengenai APBDes; surat kuasa pemindahbukuan Dana Desa dilampiri daftar rekening desa; surat pengantar dan daftar rincian desa hasil cetakan dari aplikasi OM SPAN.

Baca Juga:  HAKORDIA 2021, Kepala KPPN Watampone : Pegawai Wajib Memelihara Budaya Anti Korupsi

Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman berharap dengan telah dirilisnya aplikasi OM SPAN sebagai media dalam penyaluran DD tersebut dapat segera dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah di BOSOWA.

“Agar DD tahun 2022 dapat segera disalurkan ke Desa dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Rintol dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/1/2022).(RIL/AJ).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *