Daerah

Tomakaka Masamba Resmi Dikukuhkan, Bupati Indah: Pioner Menjaga Nilai Sosial

11
×

Tomakaka Masamba Resmi Dikukuhkan, Bupati Indah: Pioner Menjaga Nilai Sosial

Sebarkan artikel ini
KABARTA.ID Luwu Utara – H. Aidar Idrus Lapapa resmi dikukuhan sebagai Tomakaka Masamba yang ke-29 pada Kamis (17/03/2022).

Pengukuhan yang dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara itu berlangsung di Banua Sulu Katomakakaan Masamba.

“Pengukuhan Tomakaka Masamba merupakan satu perisitiwa yang tidak setiap saat kita temui. Bagi saya ini yang pertama kali menyaksikan pengukuhan Tomakaka. Ini adalah upaya kita menghargai keberadaan adat khususnya di wilayah Masamba, juga sebagai upaya melestarikan tiga tungku yaitu pemerintah, agama, dan adat yang selama ini dihargai dan dirasakan manfaatnya,” kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menyampaikan sambutan usai prosesi pengukuhan yang juga dihadiri Sri Paduka Datu Luwu ke-40, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau.

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menghadirkan kegiatan pelantikan itu.

“Kelak akan menjadi warisan kepada anak cucu kita. Kehadiran adat akan mampu menjadi benteng utama dalam mitigasi sosial. Kehadiran adat juga menjadi penting, yang diharapkan menjadi tombak untuk menjaga kita semua. Kami titip harapan kepada Tomakaka Masamba. Semoga menjadi pioner untuk menjaga norma dan nilai-nilai sosial,” harap Indah.

Secara khusus, Indah juga berharap agar Tomakaka Masamba diberi kekuatan dan kemampuan untuk memimpin dan mengawal pangandaran.

“Kiranya segenap rumpun keluarga dan lembaga adat yang menjadi penopangnya dapat terus memberikan dukungan dan penguatan agar terus memberi kontribusi menjaga nilai-nilai pangandaran. Sekali lagi semoga kebersamaan yang terbangun dapat terus dipertahankan dalam rangka menjaga nilai kemuliaan yang selalu kita junjung bersama,” tutur Indah.

Baca Juga:  DPRD Luwu Utara Setuju Ranperda APBD 2021

Turut hadir Sekda Luwu Utara, segenap unsur Forkopimda, Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Pimpinan Perangkat Daerah, Mantan Bupati Luwu Utara, Arifin Djunaedi, dan segenap lembaga adat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *