Daerah

Irigasi Rusak, Pasukan Reaksi Cepat Dinas SDA Bone Turun Tangan

21
×

Irigasi Rusak, Pasukan Reaksi Cepat Dinas SDA Bone Turun Tangan

Sebarkan artikel ini

Bangunan irigasi pengairan sawah di Desa Tea Musu Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone runtuh. Mengetahui ini, tim reaksi cepat Dinas Sumber Daya Air dan Bina Kontsruksi (SDA BK) Bone langsung turun tangan.

Tim reaksi cepat atau squad operasi dan pemeliharaan irigasi (OPI) Bidang Pengelolaan SDA BK Kabupaten Bone telah turun survei tingkat kerusakan irigasi tersebut. Kerusakan akan segera ditindak lanjuti ke tahap penanganan.

Kepala Dinas SDA BK Bone Khalil mengatakan, reaksi cepat tim squad OPI Bidang Pengelolaan SDA BK Bone telah melakukan kunjungan ke daerah Irigasi Alinge. Kunjungan ini pasca mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa Irigasi Alinge mengalami kerusakan atau terancam roboh.

Baca Juga:  100.000 Bibit Kakao Disalurkan ke Petani Bone, Segini Jatah Ulaweng

“Maka squad OPI yang dipimpin Kabid PSDA bersama Subkoordinator Operasi dan Pemeliharaan serta Kepala UPTD Pengairan Wollangi akan melakukan penanganan sementara,”ungkap mantan Kadis PUPR Bone itu kepada PEDOMAN.MEDIA, Rabu (9/11/2022).

Ia menjelaskan, penangan sementara dimaksudkan untuk menjaga agar kerusakan tidak bertambah parah. Kata dia, pemdes dan pengurus P3A Waepatuo sepakat dalam dua hari ke depan akan menggelar kerja bakti di irigasi yang mengalamj kerusakan parah tersebut.

Ia juga menyebutkan pasca koordinasi P3A dan UPT Wollangi terkait kerusakan irigasi Alinge, Kepala UPTD Wolangi bersedia menyiapkan bahan untuk pembenahan sementara berupa pasir kasar timbunan dan karung.

“Insya Allah pasti. Akan ditangani sementara dulu untuk bisa bertahan paling lambat 4 bulan sebelum ditangani permanen,”pungkasnya.

Baca Juga:  Pelayanan Kesehatan di Luwu Utara Tetap Berjalan Selama Cuti Lebaran

Sebelumnya informasi kerusakan irigasi Alinge ini mencuat di musyawarah desa. Kerusakan irigasi diharap disampaikan ke dinas terkait agar dapat ditindak lanjuti hingga akhirnya dikunjungi tim reaksi cepat tersebut.

Masyarakat setempat berharap tahap perbaikan irigasi dapat berlangsung dengan lancar agar tidak menyebabkan petani gagal panen. Apalagi gagal tanam pada musim tanam yang akan datang.

Masyarakat juga mengapresiasi reaksi cepat Squad OPI, Kepala Dinas SDA BK Kabupaten Bone Khalil bersama pihak terkait yang telah menindak lanjuti irigasi tersebut.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *