Edukasi

Ajarkan Kemandirian, TK Islam Athirah Racing Centre Laksanakan Kegiatan Practical Life

14
×

Ajarkan Kemandirian, TK Islam Athirah Racing Centre Laksanakan Kegiatan Practical Life

Sebarkan artikel ini

KABARTA.ID, MAKASSAR— TK Islam Athirah Racing Centre melaksanakan kegiatan Practical Life yang unik, dimana anak-anak terlibat aktif mencuci barang miliknya sendiri. Kegiatan Practical life ini dilaksanakan pada Rabu, 18 oktober 2023 dan diikuti oleh seluruh anak didik kelompok A dan B. Kegiatan practical life merupakan kegiatan yang diintegrasikan dalam pembelajaran internal anak didik di TK Islam Athirah Racing Centre. Kegiatan practical life ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menanamkan kemandirian sejak dini pada anak didik.

Pada hari pelaksanaan kegiatan, anak didik di TK Islam Athirah Racing Centre dengan antusias membawa baskom dan sikat dari rumah. Anak didik dengan penuh semangat belajar langkah-langkah dasar mencuci barang pribadi mereka sendiri. Anak didik mendengar arahan pelaksanaan kegiatan dari guru. Kegiatan awal dimulai dengan mengisi baskom dengan air lalu menuang sabun. Sabun yang digunakan adalah sabun yang aman untuk anak. Anak didik sangat senang menyikat sandal miliknya dan merasakan kepuasan dalam merawat barang milik pribadinya.

Kepala TK Islam Athirah Racing Centre, Saberiani, S.Pd, menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya untuk mengajarkan keterampilan praktis tetapi juga untuk membentuk sikap kemandirian.

“Menurut saya kegiatan ini sangat baik untuk dilaksanakan. Melalui kegiatan ini, anak didik belajar untuk merawat dan membersihkan barang miliknya. Selain itu kegiatan ini juga dapat meningkatkan kekuatan otot tangan anak saat menyikat, dapat mengembangkan fokus dan konsentrasi, menstimulasi mata dan tangan, meningkatkan rasa sabar. Kegiatan ini dapat mengajarkan kemandirian pada anak,” ungkapnya

“Life skill semacam ini diharapkan dapat memberikan bekal berharga bagi anak didik di TK Islam Athirah Racing Centre dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari di masa depan. Selain itu, diharapkan melalui kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengalaman anak, namun juga mengajarkan nilai-nilai positif sejak usia dini,” terang Saberiani, S.Pd. (RIL/IL*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *